Merawat Tangan Tetap Lembut & Halus

From Wanita-gaya

SALAH satu bagian tubuh yang menjadi patokan usia seseorang adalah tangan. Perawatan rutin akan menjaga kulit tangan tetap lembut dan halus.

Dikutip dari Sheknows, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat kecantikan kulit tangan:

Exfoliating setiap bulan

Seperti halnya wajah dan tubuh, tangan juga perlu dirawat dengan perawatan pengelupasan kulit. Gunakan scrub gula ataupun garam dua sampai tiga minggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya, campurkan satu sendok teh gula atau garam ke dalam bahan scrub yang Anda miliki, kemudian gunakan untuk scrubbing. Niscaya tangan Anda akan lebih halus dan lembut.

Oleskan pelembap sehabis cuci tangan

Gunakan sabun mengandung pelembap dan jadikan kebiasaan untuk segera mengoleskan hand lotion sehabis cuci tangan. Untuk mudah mengingatnya, Anda bisa menaruh sebuah botol lotion berpompa di samping bak pencuci piring ataupun wastafel. Jangan lupa pula mengoleskan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.

Konsumsi multivitamin

Vitamin A, B Komplek, C, dan E dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dan E secara khusus mampu melindungi kulit dari efek buruk terpaan sinar matahari. Vitamin A membantu menjaga dan memperbaiki jaringan kulit, sementara vitamin B komplek penting bagi kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Anda juga dapat menggunakan vitamin tersebut dalam bentuk krim topikal untuk kulit yang kini sudah banyak tersedia di pasaran.

Konsumsi suplemen minyak ikan

Jika Anda mengonsumsi banyak ikan ataupun suplemen minyak ikan, tangan akan terasa lebih halus dan lembut. Sardines, mackerel, tuna segar, dan minyak ikan lainnya mengandung essential fatty acids (EFAs), sebagai lemak tak jenuh. EFAs menjaga kelembapan kulit dan mengurangi peradangan kulit.

Manicure secara teratur

Manicure menjaga kutikula kuku tetap lembap sehingga kuku Anda jadi sehat. Jika Anda tak bisa melakukannya di salon, lakukan saja di rumah. Kini toko-toko produk kecantikan sudah menyediakan berbagai bahan dan alat yang diperlukan untuk manicure. Kuku yang terjaga kesehatannya membuat tangan tampak terawat.

Jangan lupakan sarung tangan

Saat mencuci piring, membersihkan kamar mandi, ataupun berkebun, gunakanlah selalu sarung tangan. Baik sarung tangan bahan lateks maupun karet melindungi tangan dari bahan-bahan kimia dan air hangat yang dapat membuat kulit kering. Saat berkebun, sarung tangan dapat melindungi tangan, kutikula, dan kuku.
(tty)
Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2009/03/20/195/203358/merawat-tangan-tetap-lembut-halus