Martha Tilaar Sukses Ubah Kotoran & Rongsokan Jadi Emas

MARTHA Tilaar terkenal sebagai sosok yang gigih memperkenalkan produk kosmetika lokal ke kancah internasional. Selain prestasi itu, Martha Tilaar juga sukses mencetak beautypreneurship di Indonesia.

Buktinya, sudah banyak alumni dari Puspita Martha International Beauty School-sekolah kecantikan yang didirikan Martha Tilaar tahun 1970 di Jakarta- berhasil menciptakan lapangan kerja, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain (beautypreneur).

“Ibu Martha Tilaar telah melakukan apa yang saya sebut ’mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas’. Bukan itu saja, apa yang telah Martha Tilaar Group lakukan telah mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di dunia melalui produk-produk inovasi mereka yang patut mendapat acungan jempol,” puji pengusaha sukses Ciputra dalam buku ”Beauty Preneurship: Entrepreneur Muda dalam Industri Beauty, Fashion & Lifestyle”.

Menurut Martha, ada empat karakteristik yang wajib dimiliki para entrepreneur agar sukses kelak, yaitu bersifat mandiri, memulai dari awal, memanfaatkan kemampuan yang dimiliki, dan orientasi ke depan.

”Mandiri dalam arti, upaya yang mereka lakukan hasil inisiatif mereka sendiri. Selain itu, mereka harus inovatif, inspiratif, dan pekerja keras,” terang pengusaha kelahiran Kebumen, Jawa Tengah, 4 September 1937.

Perempuan ramah ini mengatakan, menjadi entrepreneur yang sukses tidak hanya dilakukan secara instan. Mereka harus memulainya dari awal, dan untuk mencapai kesuksesan itu tentu memerlukan proses.

”Proses itu bisa dilacak dari sejak entrepreneur itu punya inisiatif untuk menentukan pilihan terjun di usaha yang diminatinya sampai berhasil mengembangkan usahanya itu,” tambahnya.

Martha mengatakan, memanfaatkan kemampuan yang dimiliki menjadi modal penting para entrepreneur. Dengan kemampuan yang dimilikinya, kata Martha, entrepreneur dapat mengembangkan usahanya dengan baik. Kemampuan itu umumnya berawal dari hobi mereka.

”Latar belakang pendidikan juga dapat melahirkan kemampuan yang dapat dijadikan modal awal untuk ber-entrepreneur. Termasuk faktor pengalaman turut menentukan dalam perjalanan sukses seorang entrepreneur di bidang kecantikan dan kebugaran,” ulasnya.

Kriteria entrepeneur yang tak kalah penting, kata Martha, seorang entrepreneur yang sukses tentulah punya orientasi yang jauh ke depan. Tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga orang lain.
(tty)