Perawatan Tubuh Murah di Rumah

From Wanita-gaya


KONSEP kembali ke alam atau back to nature sudah menjalar ke segala lini kehidupan. Perawatan tubuh dengan bahan alami, salah satunya.

Merawat tubuh tak harus dilakukan di salon kecantikan dengan beragam pilihan perawatan modern. Apalagi, kalau bujet di kantong ternyata tak mencukupi. Manfaatkan berbagai bahan alami yang ada di sekitar untuk menjaga diri selalu terlihat cantik.

Melalui perawatan tradisional, Anda dapat memberikan nutrisi untuk kulit dan rambut dengan berbagai bahan alami. Seperti diintisarikan dari SheKnows, bahan botanical, vitamin, dan mineral alami yang terkandung dalam buah-buahan, sayuran, minyak, dan bahan ekstrak lainnya berguna melindungi dan menjaga kelembapan kulit dan rambut.

Berikut ini jenis buah-buahan yang dapat Anda aplikasikan untuk merawat kesehatan dan kecantikan tubuh:

Pisang

Buah tropis ini mengandung asam folat yang sangat tinggi. Kelembutan daging buahnya memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara teratur. Pada kulit wajah berjerawat, jika dioleskan secara teratur akan membantu menguranginya.

Cara mengolahnya sangat sederhana, yaitu pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, kemudian oleskan secara merata ke wajah. Diamkan selama 30-40 menit. Selanjutnya, basuhlah wajah dengan air hangat hingga bersih dan bilas dengan air dingin.

Jika Anda melakukan perawatan ini rutin setiap hari, maka selama dua pekan hasilnya akan terlihat. Jerawat membandel berkurang, wajah pun semakin cerah dan bersih. Untuk perawatan rambut, jadikan pisang sebagai conditioner. Caranya, oleskan pisang yang sudah dihaluskan ke rambut secara merata.

Alpukat

Untuk perawatan wajah, alpukat dimanfaatkan sebagai masker. Alpukat bisa ditambahkan bahan alami lainnya yang sesuai dengan jenis kulit. Caranya, haluskan alpukat dan balurkan secara merata pada wajah maupun kulit tangan yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan air hangat. Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Alpukat bisa juga Anda manfaatkan untuk merawat rambut sebagai conditioner.

Jeruk lemon

Air perasan jeruk lemon merupakan salah satu alternatif bahan untuk perawatan manicure dan pedicure. Caranya, rendamlah kuku Anda di dalam sebuah wadah berisi air jeruk lemon dan air hangat. Gosok kulit tangan dan kaki dengan sikat khusus berbulu lembut. Perawatan sederhana ini dapat dilakukan sesering mungkin untuk hasil layaknya perawatan kuku di salon. Tidak hanya itu, jeruk lemon pun dapat digunakan sebagai pewarnaan rambut indah Anda.

Ketimun

Ketimun adalah bahan penyegar yang dingin, obat pembersih, dan pelembap yang cocok untuk semua jenis kulit wajah. Tempelkan irisan ketimun maupun sari ketimun pada wajah secara rutin tiap hari. Manfaatnya adalah menghambat kemunculan keriput dan membuat kulit semakin lembut. Tanpa perlu krim-krim antikeriput berharga mahal, Anda dapat memperoleh manfaat yang sama dari sari ketimun. (ftr)
(tty)

Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2009/02/18/195/193870/perawatan-tubuh-murah-di-rumah